Selamat Datang di Elearning Faqih.Net

Blog Elearning Faqih.Net adalah blog media e-learning. Siapapun bebas mengunjungi blog ini untuk belajar, berbagi ilmu pengetahuan dan informasi, serta saling bertukar pikiran dan saling membantu dalam proses belajar. Ayo...Belajar bersama di Elearning.Faqih.Net

Sponsor Kuliah Gratis»

Sabtu, 19 Desember 2009

KARYA ILMIAH-ANEKA MACAM KREASI DARI KAIN FLANEL MERAMBAH BISNIS UKM


Disusun Oleh :

Nama : Risandra Rejina

NPM : 25209527

Kelas : 1EB17

Fakultas/ Jurusan : Ekonomi/Akuntansi

Universitas Gunadarma

2009

KATA PENGANTAR

Karya tulis ANEKA MACAM KREASI dari KAIN FLANEL MERAMBAH BISNIS UKM , disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Bisnis. Dan digunakan sebagai bahan pembelajaran soft skiil pada mata kuliah pengantar bisnis.



Di dalam karya tulis, telah di sampaikan mengenai suatu kerajinan dengan menggunakan kreativitas, yaitu kerajinan kain flanel atau yang biasa disebut kain felt. Mulai dari latar belakang usaha tersebut, cara membuat salah satu bentuk, keuntungan dari usaha ini, dan apa saja yang di butuhkan untuk memulai usaha tersebut.

Untuk itu saya ingin menyampaikan rasa terimakasih saya kepada dosen Pengantar bisnis, Bapak Anasta Surya Ginting yang telah mempercayakan untuk mnyelesaikan tugas ini. Serta teman-taman sekalian yang tergabumg dalam Fakultas Ekonomi Akuntansi Universitas Gunadarma yang telah banyak membantu dalam penyelesaian tugas ini.

Menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan untuk itu, diharapkan kritik dan saran yang dapat membangun untuk lebih baik di masa yang akan datang.

Bekasi,23 November 2009

Penulis,

Risandra Rejina

BAB I

PENDAHULUAN

1. A. Latar Belakang Masalah

Hiasan merupakan suatu yang dapat mempercantik barang yang lain atau benda lain. Hal itu berarti ada keterkaitan antara benda yang satu dengan benda yang lain, dan sangat jelas terlihat bila kita lihat misalnya antara tas pastinya dapat lebih menarik jika kita memberikan hiasan seperti gantungan kunci pada resletingnya. Hiasan seperi gantungan juga dapat dipakai sebagai gantungan kunci.

Dengan adanya kreativitaslah yang dapat menjadikan hiasan cantik menjadi unik, dan banyak orang yang ingin mengetahui bagaimana cara menjadikan barang yang mereka punya dapat terlihat lebih menarik. Oleh karena itu biasanya orang-orang mencari solusi dengan berbagai cara, salah satunya dengan bahan yang sederhana saja dapat dijadikan hiasan menarik seperti gantungan kunci kain flanel atau kan felt. Selain itu gantungan kain flanel juga banyak di pesan sebagai souvenir pernikahan, hadiah ataupun koleksi.

Seiring dengan banyaknya kebutuhan untuk mengkoleksi ataupun menjadikan souvenir, maka munculah pula bisnis yang menawarkan jasa pembuatan pernak-pernik dan souvenir lucu dari kain flannel.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan dilihat dari latar belakang tersebut dapat dirumuskan permasalah sebagai berikut :

1. Mengapa banyak orang yang tertarik dengan hiasan ataupun pernak-pernik dari kain flanel?

2. Apa yang di butuhkan untuk membuat gantungan dari kain flanel?

3. Berapa kisaran harga pada souvenir dari kain flanel?

4. Sasaran pasar yang bagaimanakah yang tepat untuk bisnis souvenir kain flanel?

5. Apa manfaat yang dapat diambil dari konsumen dan produsen?

C. Tujuan

Berdasarkan masalah diatas, karya tulis ilmiah ini di buat dengan tujuan :

1. Memberikan informasi kepada masyarakat untuk tetap mengembangkan dan melestarikan kreativitas yang dapat bermanfaat dalam bisnis UKM terutama dalam bisnis souvenir dari kain flanel.
2. Memberikan pengetahuan untuk memulai usaha UKM dalam bidang kreativitas melalui aneka souvenir dari kain flanel.
3. Memberikan ide – ide kreativ dalam mengembangkan usaha dengan kreativitas terutama dalam pembuatan souvenir dari kain flanel.

D. Maanfaat Penelitian

Manfaat dari karya tulis ilmiah ini adalah :

1. Memberikan pengetahuan kepada masyarakat, untuk memulai usaha bukan hanya dari yang besar.
2. Memberikan informasi dalam mengembangkan usaha melalui sebuah kreativitas yang sederhana.
3. Memberikan informasi apa saja yang dibutuhkan untuk membuka usaha kreativitas dari kain flanel.
4. Manfaat yang diperoleh penulis yaitu sebagai pembelajaran awal dalam menyusun karya tulis yang selanjutnya.

BAB II

LANDASAN TEORI

1. Awal Mula Bisnis Kreasi dari Kain Flanel

Berkreasi tidak hanya dapat dilakukan dengan barang yang rumit dan sulit didapat. Tetapi hanya dengan bahan yang sederhana dapat dijadikan hasil kreasi yang memuaskan bahkan dapat mendatangkan keuntungan. Kreasi juga bias dating dari sekedar hobi, hobi ternyata bisa mendatangkan keuntungan. Dari tangan-tangan kreatif, sebuah hobi bisa mendatangkan tambahan penghasilan dalam jumlah yang lumayan. Hal utama yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis adalah komitmen. Aneka kreasi Anda bisa dijadikan souvenir/cinderamata. Salah satu krativitas yang bisa dijadikan souvenir adalah kain flanel. Kain flannel tidak hanya mengandalkan kretivitas tetapi juga harus dibarengi oleh keterampilah menjahit. Untuk itu bagi anda yang sangat tertarik dengan pernik dari kain flannel, jika ingin membuat sendiri harus memiliki keterampilan menjahit.

Hiasan ataupun souvenir ini banyak diminati oleh anak-anak, remaja ataupun orang dewasa. Bentuknya yang unik dan lucu sesuai pemintaan membuat orang menyukai souvenir tersebut. Kegunaan kerajinan ini adalah sebagai souvenir ulang tahun, koleksi, souvenir pernikahan, hadiah ulang tahun, dll.

Bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan yang mudah didapat dan murah. Hal yang diperlukan dalam membuat kerajinan adalah kreatif. Dengan kreativitas, akan tercipta bentuk-bentuk yang unik dan lucu. Harga untuk bahan bakunyapun relative murah. Kemudian bahan – bahan lainnya seperti ring gantungan dan benang sangat mudah didapat serta mudah dijangkau.

BAB III

METODE PENELITIAN

A. Waktu dan Tempat Penelitian

Bekasi Timur, Perumnas 3 pada hari Senin, 23 November 2009

B. Sumber Penelitian

Pemilik Rumah Industri Kecil, sebagian pegawai dan konsumen

C. Metode yang di Ambil untuk Penelitian

1. Survei.

2. Wawancara

BAB IV

HASIL PENELITIAN

A. Informasi yang dapat diberikan Sebagai Ketertarikan Konsumen

Sesuatu yang dibuat dengan cara sederhana tetapi memiliki daya terik dan keunikan tentu saja dapat membuat sebagian orang menjadi penasaran. Seperti pada halnya kreasi yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar kain flanel ini dapat menarik masyarakan untuk mengkoleksi ataupun untuk dijadikan sebagai souvenir.

Dalam pembuatan kreasi pernak-pernik dari kain flanel ini bukan hanya kretivitas yang dibutuhkan tetapi juga keterampilan menjahit, karena biasanya dalam pembuatanya yang biasa dipesan harus sesuai dengan permintaan si konsumen.

B. Alat dan Bahan yang Dibutuhkan dalam Pembuatan Kreasi dari Kain Flanel

Dalam pembuatan pernak-pernik dari kain flanel tentu saja harus menggunakan alat dan bahan. Alat dan bahan yang digunakan sangat sederhana dan mudah didapat, seperti :

1. Kain flanel dengan ukuran sesuai selera
2. Gunting kain
3. Benang woll
4. Lem ( jika diperlukan)
5. resleting (jika diperlukan)
6. dakron
7. ring gantungan (jika diperlukan)

Alat dan bahan tersebut dapat digunakan sesuai dengan bentuk dan motiv yang diinginkan. Bentuk bentuknya juga bervariasi seperti bentuk buah-buahan, kepala binatang dan dengan berbagai fungsi seperti untuk gantungan, tempat HP, tempat pensil, taktakn gelas, pembatas buku, dompet koin dan lain-lain.

C. Kisaran Harga untuk Souvenir Kain Flanel

Pernak-pernik dari kain flannel ini tersedia dengan berbagai ukuran dan harganyapun bervariatif, di sesuaikan dengan ukuran dan tingkat kesulitan dalam pembuatannya. berbagai macam aksesoris flanel seperti dompet koin, gantungan kunci, dll. Semua kerajinan dikerjakan dengan jahit tangan (hand made).

Sebagai sample harga sebagai berikut :

* Dompet Koin Strawberry Rp. 6.000,- (ukuran 11 x 11 cm)
* Dompet Koin Aneka Binatang Rp. 5.000,- (ukuran rata-rata 10 x 10 cm) Kecuali Dompet Koin Sapi Rp. 6.000,-
* Kantong HP Rp. 5.000,- (ukuran 7 x 16 cm)
* Gantungan Kunci/HP Rp. 3.000,- (ukuran 5 x 5 cm)
* Magnet Binatang Rp.3.000,- (ukuran 5 x 5 cm)
* Pembatas Buku Rp.2.000,- (ukuran 3,5 x 14 cm)
* Tatakan Gelas Rp. 1.500,- (ukuran 7 x 7 cm)
* Aneka Gantungan/Magnet Huruf Rp. 1.500,- (ukuran 5 x 5 cm)

Dan sebagai sample, ini salah satu langkah dasar kreasi kain flannel:

* Persiapkanlah bahan dan alat yang digunakan seperti: kain flanel aneka warna, benang sulam & benang jahit, jarum, gunting, manik-manik hitam, ritsleting, tali, dan lem serbaguna.
* Buatlah pola kreasi yang diinginkan pada kertas karton, gunting lalu pindahkanlah pola tersebut pada kain flanel dengan menggunakan pensil/pulpen gel (untuk kain flanel berwarna cerah) atau kapur jahit (untuk kain flanel berwarna gelap).
* Gunakanlah kain flanel yang bersih dan tidak memiliki bekas lipatan. Untuk merapikan kain flanel yang memiliki bekas lipatan, seterikalah dengan hati-hati dan suhu seterika jangan terlalu panas.
* Untuk memudahkan menjahit risleting, jelujurlah terlebih dahulu atau berilah sedikit lem.
* Gunakanlah benang sulam untuk menjahit kain flanel, warnanya disesuaikan dengan warna kain flanel.
* Ada beberapa jenis teknik tusuk jahit dan tusuk hias, diantaranya tusuk feston, tikam jejak, jeruji dan tusuk pipih. Yang paling sering digunakan adalah tusuk feston karena selain memperindah bentuk kreasi yang dihasilkan, tusuk feston ini berguna untuk merapikan pinggiran kain flanel, menggabungkan 2 lembar kain yang memiliki bentuk dan ukuran yang sama, serta untuk menjahit ritsleting pada kain.

Bab V

PENUTUP

A. Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat di simpulkan sebagai berikut :

1. Kita dapat memulai usaha tidak hanya dengan biaya yang besar dan cara yang rumit, tetapi hanya dengan kreativitas yang perlu ditingkatkan dapat menghasilkan peluang bisnis yang menguntungkan.

2. Dalam menjalankan bisnis yang membutuhkan kreativitas, harus lebih ditingkatkan pada keunikan sehingga barang yang dihasilkan memiliki daya tarik tersendiri.

B. Saran

Bagi para pengusaha pemula, dapat dilihat saran sebagai berikut :

1. Mulailah usaha dengan modal yang memadai. Serta pastikan modal tersebut dikelola dengan baik dan benar.

2. Pilihlah tempat pemasaran yang sesuai usaha anda dengan tepat. Tempat dengan sasaran pasar.

3. Pastikan promosi dilakukan secra maksimal untuk memperkenalkn bisnis towel cake anda yang telah di jalankan, dapat melalui media cetak maupun face to face atau dengan demo.

4. Tampilkan kreativitas – kreativitas baru yang unik, menarik agar dapat menarik hati para konsumen.

Source: http://risandra.ngeblogs.com/2009/11/25/pengantar-bisnis-jilid-2/



Mungkin Anda juga ingin membaca:

4 comments:

bahar mengatakan...

u bisnis kain flanel juga??apa cm posting makalah tentang flanel doang?cw w anak gundar juga,angkatan 2008,.fakultas n jurusan'y sm kya u,..nama'y ENA,..w sm cw w lg jalanin bisnis kain flanel,n hasil'y lumayan buat jajan,klo u berminat buat masarin produk dari w,coba u cari tau aja,..

KuliahPraktis.Com mengatakan...

@bahar
saya cuma posting makalah aja yang saya dapat dari berbagai sumber. Smoga bermanfaat buat pembaca.

Unknown mengatakan...

Halo,. salam kenal, saya ikut promosi yaa..
kami PINBOO Bandung tlp.(022)91147817 - 081320620692 (http://www.pinboo.org) hendak menawarkan pruduk PIN, dlm berbagai model mulai seperti pin penitik, pin gantungan kunci bolak-balik, pin gantungan kunci crop pembuka botol, pin magnet,dan pin gantungan kunci 1 muka, serta bahan baku pin mulai dari ukuran 25mm s/d 75mm. cetak dan jual bahan mug.
menjual juga kertas inject & kertas photo.
kami juga menjual laminasi(glossy, salur/kanvas, gliter, dll). selain itu juga membuat id-card instan & menjual bahan baku id-card 2 muka (bolak balik), tali idcard / sablon tali id card, yoyo id card, dll
terimakasih.. (proprint_pinboo@yahoo.com)

Novia Rizky mengatakan...

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Industri Kreatif (Kerajinan). Tulisan diatas juga dapat menambah informasi mengenai berbagai macam kerajinan yang ada di Indonesia. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Industri Kreatif (Kerajinan) yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Industri Kreatif (Kerajinan)

Poskan Komentar

 

Welcome

Pasang Banner KuliahPraktis.com di Blogmu




Archieves

Followers

About Administrator

Foto Saya
Faqih Al
My name is Faqih. I live in small town in Indonesia. 
I like to do something that others do not, and works with different ways.

If you want to know more about me, just visits my blog www.faqih.me.
Lihat profil lengkapku